Cara Mengubah Nama Kepala Sekolah Pada Aplikasi BIO UN 2017


Posted By: Nasrul Alimuddin - 12/30/2016
Bagi Sekolah yang mengalami pergantian Kepala Sekolah, memiliki kendala dalam pendataan BIO UN 2017. Sebagian OPS merasakan beban pikiran bahwa kemungkinan ada masalah jika nama Kepsek sebelumnya belum tergantikan dengan kepsek yang baru.

Sebenarnya tidak ada masalah jika nama kepsek di aplikasi BIO UN anda belum berubah ke data kepsek yang baru. File yang diminta pun cuma bereksistensi DBF dalam folder biodata. File DBF dalam folder biodata sebenarnya hanya berisikan data kesiswaan. Sementara data sekolah, data kabupaten, data rayon, data kepsek dan juga password Bio UN berada dalam folder DATAPRG. Jika yang diminta hanya file yang bereksistensi DBF dalam folder biodata, maka apa lagi yang dipermasalahkan? sebab data kepseknya berada dalam folder DATAPRG. Berarti permasalahan anda adalah data kepala sekolah yang baru belum tersave dalam folder DATAPRG dari aplikasi yang dimiliki oleh sumbernya, yakni OP Disidik Provinsi dan juga OP Disdik Kabupaten.

Namun, jika anda masih tetap khawatir, berikut saya akan bagikan aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mengedit nama kepsek baru di sekolah anda. Silahkan download aplikasinya

View DBF, Editor DBF

Setelah aplikasi berhasil anda unduh, silahkan diekstrak terlebih dahulu dan gunakan Password ZIP JIBANKONTEMPORER, kemudian install melalui Run as Administrator. Jika bingung, klik kanan aplikasinya lalu pilih Run as Administrator. Ikuti prosedur instalasi yang ditampilkan oleh kotak dialog penginstalan hingga selesai.

Setelah penginstalan dilakukan, anda tinggal menjalankan jendela aplikasinya


Perhatikan pojok kiri atas, klik icon Open kemudian cari file dalam folder DATAPRG pada Aplikasi BIO UN anda dengan nama file SEK17_1906U (17=Angka Tahun Anggaran, 19=Kode Provinsi, 06=kode Kabupaten, U=Jenjang SMA, D=Jenjang SD, K=Jenjang SMK), sesuaikan dengan kode sekolah anda.

Di dalam file SEK17_1906U lah anda bisa menyesuaikan nama kepsek anda yang baru. Cari nama sekolahnya, kemudian cari nama kepala sekolahnya, lalu ganti dengan nama Kepsek yang baru. (Jika gagal, anda bisa menggunakan langkah ini)

Baca Juga : Download Aplikasi BIO UN 2017 dan Impor File DZ

Sekian dari saya, Wassalam ... !!!