Home » , , , » Cara Membuat Aplikasi Sederhana Kartu Peserta Ujian Dengan Microsoft Access

Cara Membuat Aplikasi Sederhana Kartu Peserta Ujian Dengan Microsoft Access

Written By Nasrul Alimuddin on Sunday, January 3, 2016 | 6:46 AM

Sebenarnya belum waktunya ngomongin ujian-ujian segala, tapi nggak ada salahnya juga dari sekarang anda punya keahlian yang sederhana seperti ini, bagaimana membuat aplikasi Kartu Peserta Ujian hasil dari keahlian anda sendiri. Ada kebanggaan tersendiri lah jika Aplikasi Sederhana macam ini sangat dikuasai oleh anda. Kalau tidak percaya, yah dicobain aja !!!

Aplikasi sederhana Kartu Peserta Ujian yang akan kita buat ini semoga dapat membantu pekerjaan kita sebagai OPS dan sebagai Panitia Ujian dalam pengadaan Kartu Peserta Ujian nantinya. Aplikasi sederhana ini tidak terlalu banyak mengambil ruang hardisk internal PC kita sehingga kita bisa menyimpannya dan bisa mempergunakannya kembali saat dibutuhkan.

Sebagai Operator tidak ada salahnya membenahi diri kita dengan ragam keahlian, termasuk keahlian membuat aplikasi sederhana ini. Bukanlah Operator jika aplikasi sederhana ini tidak mampu dibuatnya. Mendengar saja statusnya sebaga Operator, mestinya masyarakat punya gambaran tersendiri kepada mereka yang Operator. Masyarakat harus punya gambaran ke pribadi-pribadi Operator sebagai orang yang ahli di bidang penataan, pendataan, dan pengelolaan. Masyarakat harus punya gambaran kepada mereka yang Operator punya keahlian dalam mengaplikasikan ragam program komputer.

Bagi yang tertarik dengan postingan ini, dan ingin mengikuti langkah demi langkah dalam pembuatan aplikasi yang sederhana ini, sebaiknya tutup semua jendela programnya terlebih dahulu selain dari Microsoft Excel, Microsoft Access, Eksplorer, dan Browser tempat anda membaca panduan ini, agar pekerjaannya tidak terganggu oleh banyaknya jendela program yang sedang terbuka dan bisa kemungkinan PC atau Leptop anda jadi mandeg karenanya. 

Saya kira anda sudah tidak sabaran ingin mengikuti langkah-langkah pembuatan aplikasi sederhana Kartu Peserta Ujian ini, namun saran saya sebaiknya tetaplah sabar dan cermat karena kmungkinan anda bisa gagal. Dalam pembuatan aplikasi ini, saya menggunakan Microsoft Office 2013, saya kira yang masih menggunakan Microsoft Office 2007 dan 2010 sebaiknya menyesuaikan saja. Adapun panduannya, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

1. Pertama-tama, buatlah databasenya terlebih dahulu dalam bentuk list di Mirosoft Excel seperti tampilan gambar berikut, kemudian simpan dengan file name ‘Database Kartu Ujian’ atau terserah anda saja ingin memberinya nama apa.


2. Jalankan program Microsof Access kemudian pilih ‘Blank Dekstop Database’ dan ketik nama database baru anda, dalam hal ini misalanya ‘Cetak Kartu UAS dan UAN’. Kemudian klik gambar folder di sampingnya untuk menentukan lokasi di mana file dokumen access ini akan disimpan. Sebaiknya satu folder dengan database Microsoft Excel yang sudah anda buat tadi. Selanjutnya adalah klik ‘Create’


3. Selanjutnya adalah klik menu bar ‘EXTERNAL DATA’ dan klik Sub Menu ‘Excel’ untuk mengimpor database Microsoft Excel yang sudah anda buat tadi.


4. Klik browser, dan cari file Excel yang sudah anda buat tadi. Kemudian pilih ‘Import the source data into a new table in the current database’, lalu klik OK


5. Langsung saja klik ‘Next’


6. Klik ‘Next’


7. Pilih ‘No. primary key’ dan klik ‘Next’


8. Buat nama formnya sesuai nama form yang anda inginkan, misalnya ‘Form Kartu Peserta Ujian’, dan klik ‘Finish’


9. Klik ‘Close’


10. File dari Microsoft Excel sekarang sudah terimpor ke Microsoft Access


11. Ubah nama Filed 1 sampai Filed 7 dengan titel judul seperti gambar berikut atau berdasarkan nama filed yang anda inginkan. Tempat dan Tanggal Lahir sengaja saya pisahkan dan ada juga yang sudah digabungkan, supaya ketika diperlukan bisa pilih satu-satu atau pilih saja yang sudah disatukan.


12. Masih di Form Kartu Peserta Ujian. Selanjutnya adalah klik menu bar Create dan klik lagi Form.


13. Hasilnya tampak seperti gambar berikut.


14. Selanjutnya klik menu bar Home dan klik sub menunya yang paling kiri View, kemudian pilih Design View, dan tampilannya seperti gambar berikut.


15. Klik kanan mouse anda pada Form Header di bagian atas form, kmudian klik Form Header/Footer dan klik Yes untuk menghilangkan tampilan Header dan Footer.


16. Hapus saja kotak form yang tidak diperlukan, kemudian atur form kotak seperti gambar di bawah ini (Sesuaikan ukuran Kartu Peserta Ujian yang anda inginkan). Klik Menu Design dan Klik Icon kotak putih (Rectangle) untuk membuat kotak pinggiran Kartu Peserta Ujian.


17. Masukkan gambar logo sekolah anda dan tanda tangan kepsek anda, lalu buat Record Navigation dengan mengklik menu Design dan Sub Menu Gambar icon kotak dengan tulisan xxx di tengahnya (button) dan silahkan berkreasi dengan tombol button apa saja yang anda inginkan, sehingga tampak seperti gambar berikut.


18. Sekarang, anda sudah membuatnya. Selanjutnya klik lagi View pada sub menu paling kiri dan pilih Form View. Lihat, inilah tampilan Form Kartu Peserta Ujian anda.


19. Selanjutnya adalah mengatur tampilan printout nya. Klik menu bar File, pilih Print dan pilih Print Preview. Silahkan diatur dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada.


Sekarang form Kartu Peserta Ujian anda sudah selesai. Silahkan printout ke kertas terlebih dahulu untuk melihat hasilnya, apakah sudah sesuai atau belum. Jika sudah berhasil, maka Id Card apa pun yang anda inginkan, anda sudah bisa membuatnya sendiri. Sebagai latihan, coba anda buatkan formnya untuk Kartu Panitia Ujian, mungkin anda bisa menggunakan model Form Kartu Panitia Ujian milik saya seperti gambar di bawah.


Kartu Panitia Ujian ini, pernah saya gunakan di tahun ajaran kemarin 2014/2015, begitu juga dengan Kartu Pengawas. Di Ujian Nasional 2016 nanti, saya masih menggunakan Kartu Panitia Ujian seperti ini.

Demikianlah langkah-langkah yang kita gunakan dalam Membuat Aplikasi Sederhana Kartu Peserta Ujian Dengan Microsoft Access. Semoga postingan ini dapat membantu dan sekian dari saya, terima kasih !!!




Share this article :

Published By : Nasrul Alimuddin ~ SIP from PTK

Terimakasih telah membaca Cara Membuat Aplikasi Sederhana Kartu Peserta Ujian Dengan Microsoft Access...!!! Artikel ini dipublikasikan oleh Nasrul Alimuddin pada hari Sunday, January 3, 2016. Jika ingin menyebarluaskan artikel ini, anda dapat mengklik tombol berbagi atau tombol 'Share' yang terletak di setiap bawah postingan. Adapun kritik dan saran tentang Cara Membuat Aplikasi Sederhana Kartu Peserta Ujian Dengan Microsoft Access dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Salam Admin ::

Komentar Sahabat
0 Komentar Sahabat