Home » , , , , , » Aplikasi Bio UN 2016 Jenjang SD/Mi, SMP/Mts, SMA/MA dan SMK

Aplikasi Bio UN 2016 Jenjang SD/Mi, SMP/Mts, SMA/MA dan SMK

Written By Nasrul Alimuddin on Tuesday, December 29, 2015 | 7:49 PM

Dua hari yag lalu admin membuat postingan Cara Mengupload Data Peserta UN Dari Dapodik Ke Bio UN 2016 (Dikmen), dan dalam postingan tersebut admin juga sudah membagikan Aplikasi Bio UN 2016 untuk jenjang SMA. Sebenarnya di aplikasi yang admin shared itu juga terdapat pilihan login jenjang SMP/Mts dan SMK. Permasalahan kecilnya mungkin kita belum memiliki Kode Provinsi dan Kode Rayon di pilihan Formnya. Jangan khawatir, admin akan membantu sebisa mungkin.

Masih ingat nggak Kode Povinsi, Kode Kabupaten atau Kode Rayon, dan Kode Sekolah Anda yang mungkin telah diurutkan atau dishortir oleh admin Provinsi atau admin Kabupaten tempat sekolah anda berada??? Jika tidak ingat silahkan buka kembali aplikasi BIO UN anda yang revisi tahun lalu yang sudah dibagikan kepada anda oleh admin Kab/Kota !!!

Setelah memperoleh kodenya, silahkan buka APLIKASI BIO UN 2016 yang sudah anda unduh di Cara Mengupload Data Peserta UN Dari Dapodik Ke Bio UN 2016 (Dikmen), kemudian ikuti langkah-langkah berikut :

1. Buka APLIKASI BIO UN 2016 anda dan login berdasarkan jenjang yang anda inginkan, untuk jenjang SD/Mi punya aplikasi tersendiri, silahkan unduh terlebih dahulu aplikasinya DI SINI >> APLIKASI BIO UN 2016 JENJANG SD <<

2. Di Tab Isi Data, klik menu Provinsi dan lengkapi isian tabelnya berdasarkan alamat provinsi sekolah anda !

3. Kemudian klik menu Rayon dan lengkapi isian tabelnya berdasarkan alamat kabupaten sekolah anda !

4. Kemudian klik menu Sekolah dan lengkapi isian tabelnya berdasarkan Biodata Sekolah anda !

Sekarang di Aplikasi Bio UN anda sudah memiliki kode Provinsi, Kode Rayon dan Kode Sekolah. Selanjutnya adalah Mengupload Data Dapodik ke Aplikasi BIO UN anda !!!


Catatan Penting :

Selain dari Aplikasi Bio UN untuk jenjang SD di atas, anda tidak dapat mengentri tabel isian provensi, tabel isian rayon dan tabel isian sekolah jika belum memiliki kode script yang diperlukan seperti:

1. Rayon11_ppj.dbf (11=2011, pp=kode_provinsi, j=jenjang (U=SMA, K=SMK, P=SMP) besarnya file 2 kilobyte

2. Sek11_pprrj.dbf (11=2011, pp=kode_provinsi, rr=kode_rayon/Kab_kota, j=jenjang) besarnya file tidak lebih ddari 100 kb, tergantung banyaknya sekolah di Kab/kota bersangkutan

3. data_smp/SD_08_pp.dbf (pp=kode_provinsi). file ini diperlukan jika kita input data melalui nomor Ujian Nasional siswa pada jenjang sebelumnya yaitu pada tahun 2008 dan besar file ini bisa mencapai 200MB

Aplikasi Bio UN yang anda download di sini, tidak akan menyertakan ke 3 file di atas untuk di semua sekolah (hanya terkhusus SMA Kab. Gowa). sehingga untuk penginputan datanya, kita tetap memerlukan aplikasi dari dinas kab/kota dengan file yang lengkap. dan itu memudahkan kita sebagai operator sekolah dalam menginput data.

Jika anda memiliki aplikasi BIO UN tahun lalu, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi, tinggal mencopy BIODATA UN.exe, 7z.dll, dan 7z.exe seperti gambar di bawah, kemudian paste dan raplace ke aplikasi BIODATA UN yang sudah anda miliki, dipaste sejajar dengan data folder DATAPRG. Setelah berhasil memindahkan ke 3 file tersebut, selanjutnya anda sudah bisa login dengan username dan password anda sebelumnya.



Selanjutnya adalah mengubah tahun ajaran dari aplikasi BIO UN anda yang tahun ajarannya masih menggunakan tahun ajaran tahun lalu. Langsung saja klik Tab Utilitas, dan klik menu Tahun Ajaran, lalu sesuaikan dengan tahun ajaran yang sekarang, yakni 2015/2016.

Demikianlah informasi tentang Aplikasi Bio UN 2016 Jenjang SD/Mi, SMP/Mts, SMA/MA dan SMK. Sekian dari saya semoga bermanfaat !!!




Share this article :

Published By : Nasrul Alimuddin ~ SIP from PTK

Terimakasih telah membaca Aplikasi Bio UN 2016 Jenjang SD/Mi, SMP/Mts, SMA/MA dan SMK...!!! Artikel ini dipublikasikan oleh Nasrul Alimuddin pada hari Tuesday, December 29, 2015. Jika ingin menyebarluaskan artikel ini, anda dapat mengklik tombol berbagi atau tombol 'Share' yang terletak di setiap bawah postingan. Adapun kritik dan saran tentang Aplikasi Bio UN 2016 Jenjang SD/Mi, SMP/Mts, SMA/MA dan SMK dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Salam Admin ::

Komentar Sahabat
0 Komentar Sahabat