Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Cara Mengisinkan Konten Macro di Excel

Yang paling sering kita jumpai pada saat menggunakan aplikasi ms excel dan ms acces yang menggunakan macro, selalu saja muncul notifikasi warning untuk membuka dan untuk melanjutkannya harus mengklik Enable Content seperti gambar berikut:


Lebih menyakitkan lagi, kalau aplikasi yang kita gunakan adalah komersial! pas mau dijalankan malah tidak muncul notifikasi warningnya, dan tentunya kontennya juga tidak bisa dienable. Terus curiganya, aplikasinya yang mungkin tidak benar atau program excelnya yang mungkin corrupt.

Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah, yaitu dengan settingan mengisinkan konten macro. Berikut panduannya :

1. Jalankan program ms exsel, kemudian klik menu File - Options - Trust Center - Trust Center Settings ... - Macro Settings - Pilih "Enable all macros (not recomended; potentially dangerous code can run)"


2. Klik Ok

Dalam artikel ini menggunakan ms office 2016, sementara yang masih menggunakan versi di bawahnya bisa menyesuaikan. Setelah kedua langkah di atas anda lakukan, selanjutnya coba kembali jalankan aplikasi excel nya, notifikasi warningnya sudah tidak muncul lagi, dan aplikasinya langsung siap digunakan.

Namun, perlu diingat kalau cara seperti ini tidak direkomendasikan, karena sewaktu-waktu membuka aplikasi yang anda tidak ketahui asal-usulnya bisa mengakibatkan kode yang berbahaya di dalamnya langsung running.

Jika anda tetap menggunakan aturan ini, maka yang perlu anda lakukan harus selektif membuka dokumen excel. Anda harus tau asal usulnya darimana aplikasi excel yang sedang anda gunakan.

Sekian dari saya, semoga artikel ini dapat membantu anda !!!

Wassalam ...

Share:
Blogger
Disqus
Posting Komentar

No comments

SIPfromPTK >> Kebijakan Komentar
Saling menghargai itu indah
Baca Kebijakan Berkomentar kami sebelum berkomentar.

Info Pendidikan

Lihat lebih banyak lagi !!! »

Guru

Lihat lebih banyak lagi !!! »
X
FORMULIR KONTAK

X
small rss nasrul Al Quran Digital
Dengarkan bacaannya !!!


Klik Play/Pause jika ingin memainkan atau memberhentikan audio
Widget by Nasrul Alimuddin
Klik di sini untuk mendengarkan bacaan lainnya !!!
Recent Comments Widget

Disqus Comment

Dokumentasi

 
Contact Kembali ke atas