Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Cara Menonaktifkan Windows Defender Firewall

Windows Defender Firewall fungsinya sebagai benteng pertahanan dari serangan virus yang datang melalui jaringan. Namun untuk jaringan lokal seperti jaringan yang digunakan di dalam kantor, tidaklah terlalu besar dan berdampak.

Tapi tetap harus resiko juga, jika tidak dinonaktifkan tentunya kita tidak bisa melakukan akses mengakses dari komputer satu ke komputer lain melalui jaringan lokal LAN (Local Area Network). Padahal kebutuhan jaringan lokal ini sangat diperlukan dalam sebuah perkantoran.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan Windows Defender Firewall, dan di artikel kali ini cuma menampilkan dua langkah saja, yaitu :

A. Langkah Pertama (Menonaktifkan Windows Defender Secara Permanen)

Yaitu dengan mengunduh registry yang admin sudah siapkan. Bisa diunduh di sini. Kemudian lakukan ekstrak lalu mengklik file Disable Windows Defender.reg, tunggu beberapa detik dan Windows Defender anda sudah non aktif. Jika anda ingin mengaktifkannya kembali tinggal mengklik file registry satunya lagi, yaitu Enable Windows Defender.reg.

Kenapa harus menonaktifkan Windows Defender??? untuk menggunakan jaringan lokal, pasti di dalamnya juga ada aplikasi server lokal. Nah server lokal ini sangat rentan corrupt dikarenakan bagian-bagian scriptnya dianggap virus oleh windows defender, dan windows defender tidak segan-segan mengeksekusi bagian file script dari program apa pun termasuk program server lokal jika scriptnya mengandung virus.

B. Langkah Kedua (Menonaktifkan Windows Defender Firewall)

Setelah anda menonaktifkan windows defender secara permanen, selanjutnya menonaktifkan windows defender firewall nya.

1. Buka Jendela Control Panel. Bisa dengan cara klik tombol jendela + tombol R lalu ketik Conrol Panel kemudian Enter, maka jendela Control Panel pun terbuka. Lalu klik System and Security.


2. Klik Windows Defender Firewall.


3. Perhatikan area yang berwarna hijau, itu artinya Windows Defender Firewall nya masih aktif. langsung saja klik Turn Windows Defender Fireawall on or off.


4. Pilih Turn Off Windows Defender Firewall dan klik OK.



5. Sekarang yang area berwarna hijau tadi berubah jadi warna merah, itu artinya Windows Defender Firewall nya sudah non aktif.


Selanjutnya anda sudah bisa berselancar di jaringan lokal tanpa mengalami kendala apa pun.

Demikian dari admin, semoga artikel ini sangat membantu bagi yang membutuhkan.

Share:

Cara Mengubah Nama Komputer

Ada kebutuhan penting sehingga kita harus merubah nama komputer, di antaranya supaya gampang diingat, kedua sangat berguna untuk akses mengakses melalui jaringan LAN dan ketiga juga sharing data lewat bluetooth akan menggunakan nama ini.

Adapun panduan untuk mengubah nama komputer adalah sebagai berikut :

1. Cari ikon shortcut This PC di bagian dekstop, kemudian arahkan panah mouse lalu klik kanan mouse dan pilih Properties.


2. Lalu akan ditampilkan jendela System, nah perhatikan di bagian Computer name. kebetulan nama komputer di sini sebelumnya sudah dirubah dengan nama sharingdata. Supaya anda juga bisa mengubah nama komputer anda, tinggal klik saja Change Settings yang ditunjukkan pada angka 3 di gambar.


3. Lalu akan terbuka jendela System Properties. klik lagi tombol Change yang ditunjukkan pada angka 4 di gambar.


4. Jendela Computer Name/Domain Changes pun terbuka. Di bagian isian Computer name anda bisa menginput nama komputer sesuai yang anda inginkan. Dalam tutorial ini menggunakan nama komputer sharingdata. Kemudian klik tombol OK.


5. Setelah mengubah nama komputer, selanjutnya muncul notifikasi kotak dialog untuk melakukan restart komputer, klik OK - Close semua jendela - Restart Now untuk memulai perubahan nama komputer.


6. Setelah komputer direstart, anda bisa kembali ke langkah nomor 1 dan 2 di atas untuk mengecek perubahan nama komputer anda.

Sekian dari admin, semoga artikel ini dapat membantu bagi yang membutuhkan.

Share:

Aplikasi Rapor K13 SMA dan Cara Menggunakannya

Saat ini sudah begitu banyak kita jumpai macam bentuk aplikasi rapor, dan tentunya bagi pengguna aplikasi rapor sebagiannya tidak memerlukan tutorialnya, karena mungkin dikiranya cara menggunakannya tidak beda jauh dengan aplikasi-aplikasi rapor lainnya.

Walaupun demikian, admin tetap membuatkan panduannya bagaimana menggunakan aplikasi rapor yang admin bagikan ini. Tapi sebelumnya unduh dulu aplikasi rapornya di sini gan!!!


Aplikasi yang admin bagikan ini asli dari kreasi admin sendiri, karenanya masih sangat butuh kritik dan saran untuk menyempurnakan aplikasi ini, dan bagi yang mau saja menggunakan aplikasi ini.

Adapun keunggulan dari aplikasi ini adalah :
  1. Membuat deskripsi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap secara otomatis
  2. Dapat mengatur KKM secara manual dan juga secara otomatis
  3. Tampilan menu-menunya pop up
  4. Laman Input Nilai adalah sebagai input sekaligus output
  5. Rekapitulasi Nilai yang bisa dimanfaatkan oleh guru mapel untuk penyetoran nilai secara rekap ke wali-wali kelas
  6. Pilihan peminatan dan lintas minat secara otomatis ketika sudah memilih bidang studi
  7. Selebihnya anda sendiri yang menemukannya.
Baiklah, daripada penasaran, langsung saja jalankan aplikasinya gan! Setelah aplikasinya terbuka biasanya muncul Security Warning seperti gambar di bawah ini. langsung klik enable content!



Jika Security Warning nya tidak muncul, anda bisa ikuti panduan ini! Setelah konten macro diizinkan, maka tampilan awal aplikasi adalah seperti gambar ini.


Anda bisa mengubah bio tampilan awal seperti Kepala Sekolah, NIP, Telpon dan sebagainya jika sudah mengisi dan mengentri Data Sekolah. Klik Mulai untuk memulai ingin bekerja dengan Aplikasi Rapor K13 SMA.

Selanjutnya anda akan melihat 5 menu utama, yaitu :
  1. Home : digunakan jika anda ingin kembali ke halaman utama seperti gambar di atas.
  2. Kata Pengantar : berisi ulasan pengantar dari admin.
  3. Input Data : ada empat sub menu, yaitu Data Sekolah, Data Siswa, Mata Pelajaran, dan Absensi.
  4. Input Nilai : ada enam sub menu, yaitu Input Nilai, Input Deskripsi, Ekstarkurikuler, Prestasi, Sikap, dan Catatan Wali Kelas.
  5. Cetak Rapor : ada dua sub menu, yaitu Cetak Rapor Sistem Paket dan Cetak Rapor Sistem Kredit Semester.



A. INPUT DATA

Di menu ini ada empat sub menu, yaitu Data Sekolah, Data Siswa, Mata Pelajaran, dan Absensi. Untuk masuk ke sub menu ini langsung klik menu Input Data, maka jendela pop up pun muncul menampilkan empat sub menu.


Untuk yang pertama harus melengkapi Data Sekolah terlebih dahulu dengan mengklik Sub Menu Data Sekolah. dan tampilannya seperti gambar berikut. anda diminta untuk melengkapi biodata sekolah anda, namun ada 3 isian data yang menjadi perhatian di sini.
  1. Isian Mapel Lintas Minat, ketika anda mengklik ini maka akan melompat ke halaman sub menu Mata Pelajaran. Selanjutnya sesuaikan lintas minatnya.
  2. Isian Jenis KKM, ada dua pilihan, yaitu yang pertama ada KKM Tunggal yang artinya semua mata pelajaran KKM nya sama. Kemudian yang kedua ada pilihan KKM Multi yang artinya semua mata pelajaran beda-beda KKM nya. untuk di tutorial ini kiti pilih Jenis KKM Tunggal.
  3. Rentang Nilai KKM, juga ada dua pilihan yaitu secara manual dan secara otomatis. Rentang Nilai Manual artinya anda harus menginput rentang nilai secara manual, sedangkan Rentang Nilai Otomatis artinya rentang nilainya terhitung secara otomatis setelah menginput nilai KKM. Di tutor ini, pilihan kita adalah Rentang Nilai Otomatis.
Setelah semua isian biodata sekolah dirasa sudah selesai, klik lagi tombol Menu untuk kembali ke menu awal, kemudian klik lagi menu Input Data - Data Siswa.


Selanjutnya, di sini anda diminta untuk mengisi biodata siswa. Ada 2 tombol yang menjadi perhatian di sini. Pertama ada tombol Formulir PD, tombol ini difungsikan jika anda ingin mencetak dan membagikan formulir isian kepada siswa. dan yang kedua tombol Dapodik, tombol ini akan membawa anda ke halaman bio dapodik, bisa dipungsikan untuk menyalin bio dapodik ke halaman ini untuk dijadikan referensi data siswa.

Setelah semua isian biodata siswa dirasa sudah selesai, klik lagi tombol Menu untuk kembali ke menu awal, kemudian klik lagi menu Input Data - Mata Pelajaran.


Kemudian, di sini ditampilkan nama-nama mata pelajaran, dan input nilai KKM. Di Kolom Mata Pelajaran hanya ada tiga baris yang bisa dirubah, yaitu mapel mulok, mapel lintas minat pertama dan mapel lintas minat ke dua. Kemudian di form KKM, anda diminta untuk menginput nilai KKM, dan secara otomatis rentang nilai predikat ikut berubah.

Setelah itu klik lagi tombol Menu untuk kembali ke menu awal, kemudian klik lagi menu Input Data - Absensi.


Di sini anda diminta untuk menginput jumlah sakit, jumlah izin dan jumlah alpa selama satu semester. Setelah diisi semua, selanjtnya klik Menu untuk kembali ke menu awal.


B. INPUT NILAI

Di menu ini ada enam sub menu, yaitu Input Nilai, Input Deskripsi, Ekstarkurikuler, Prestasi, Sikap, dan Catatan Wali Kelas. untuk masuk ke sub menu ini tinggal klik tombol Input Nilai dan langsung menampilkan pop up sub menu.


Selanjutnya klik sub menu Input Nilai, sehingga anda akan dibawa ke laman ini. Di laman ini ada empat point yang perlu diperhatikan.
  1. Tombol Ubah Deskripsi; jika tombol ini diklik anda akan dibawa ke sub menu Input Deskripsi.
  2. Form Pilih Mata Pelajaran; pada saat anda memilih mata pelajaran maka kolom nilai juga akan berganti mengikuti hasil input nilai mapel sebelumnya. Jika belum pernah menginput nilai, maka akan ditampilkan kosong.
  3. Isian Nilai; di kolom ini terdiri dari 10 penilaian harian untuk KD Pengetahuan, 10 Penilaian harian untuk KD Keterampilan, PTS (Penilaian Tengah Semester), PAS (Penilaian Akhir Semester), RPP (Rata-rata Penilaian Pengetahuan - Hitung otomatis), HPP (Hasil Penilaian Pengetahuan dengan rumus (PTS+PAS+2RPP)/4 - Hitung Otomatis), PRE (Predikat HPP dan HPK - Terkonversi Otomatis), HPK (Hasil Penilaian Keterampilan - Hitung Otomatis), dan Deskripsi Pengetahuan dan Keterampilan Terisi Otomatis.
  4. Setiap kali point 3 di atas diisi, selalu mengklik tombol Update untuk memperbaharui data. Tombol Update tidak sama fungsinya dengan Save.



Pada point pertama di atas, pada saat tombol Ubah Deskripsi diklik maka akan ditampilkan laman berikut. Di sini anda diminta untuk menyesuaikan predikat dengan deskripsinya. Laman ini juga bisa ditampilkan melalu menu awal Input Nilai - Input Deskripsi.


Kemudian scroll down ke bawah untuk menampilkan deskripsi capaian per mata pelajaran.
  1. Memilih Mata Pelajaran, kemudian lengkapi isian kolom ringkasan KD pengetahuan dan Keterampilan.
  2. Setiap melakukan perubahan, selalu mengklik tombol Update.

Setelah dirasa semuanya sudah selesai, selanjutnya klik tombol Input Nilai jika ingin kembali ke laman Input Nilai, dan klik tombol Menu jika ingin kembali ke menu awal.


Kita anggap semuanya sudah selesai, selanjutnya kita kembali ke menu awal kemudian klik lagi menu Input Nilai - Ekstrakurikuler dan tampilan lamannya seperti berikut.


Jika siswanya pernah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, anda bisa mengisi isian ini, daan abaikan saja jika tidak ada. dan selanjutnya kembali lagi ke menu awal lalu klik menu Input Nilai - Prestasi.

Sama halnya dengan kegiatan Ekstrakurikuler, di sini juga ada isian untuk prestasi. Abaikan saja jika tidak ada.


Selanjutnya kembali lagi ke menu awal dan klik menu Input Nilai - Sikap. Nah, di sini ada 5 point yang perlu diperhatikan.
  1. Pilihan Deskripsi Spiritual, anda bisa mengubah dan mengedit.
  2. Di kolom ini anda cukup memasukkan angka-angkanya saja sesuai 10 pilihan deskripsi yang sudah anda buat di point 1.
  3. Pilihan Deskripsi Sosial, anda bisa mengubah dan mengedit.
  4. Menyesuaikan Predikat dengan deskripsinya.
  5. Di kolom ini anda diminta untuk mengisi pilihan predikat dan menginput angka-aangka saja sesuai 10 pilihan yang sudah anda buat di point 3.



Kemudian kita beralih ke menu Input Nilai - Catatan Wali. Beberapa catatan sebagai wali yang sangat mengetahui keadaan siswanya bisa dituangkan dalam form isian ini.


C. CETAK RAPOR

Jika dirasa semua isian sudah selesai atau mungkin ada beberapa siswa yang dipending dulu isian datanya sehingga hanya beberapa siswa saja yang bisa dicetakkan rapor nya, nah inilah fungsinya di menu ini, yakni menu Cetak Rapor.

Langsung klik menu Cetak Rapor sehingga mucul tampilan pop up sub menunya. Sub menu yang pertama ada pilihan Cetak Rapor Sistem Paket dan sub menu kedua ada pilihan Cetak Rapor Sistem Kredit Semester. Di sini anda harus memilih sesuai kurikulum yang sedang dijalankan di sekolah anda. Di contoh tutorial ini kita pilih Cetak Rapor Sistem Paket.


Di sini ada 3 sub sub menu nya lagi, sub sub menu yang pertama adalah tombol cetak rapor ketika pilihan kita di Data Sekolah memilih jenis KKM Tunggal; Sub sub menu yang kedua adalah tombol cetak rapor ketika pilihan kita di Data Sekolah memilih jenis KKM Multi; dan Sub sub menu yang ketiga adalah tombol Cetak Lembaran Mutasi.

Pilihan awal di Data Sekolah di atas, kita memilih jenis KKM Tunggal, itu artinya kita akan menggunakan sub sub menu tombol Cetak Rapor yang pertama.


Nah, seperti inilah tampilan rapornya. Di bagian kanan halaman ditampilkan list scrolling daftar nama siswanya, tinggal mengklik nama siswa yang ingin dicetakkan rapornya kemudian klik tombol Cetak Halaman.





Sebelum mencetak terlebih dahulu diperhatikan tampilan page break nya, batas garis dari page break adalah area cetakan. Setelah sesuai barulah melakukan cetak halaman.

Akhirnya sekian dari admin, semoga aplikasi dan tutorial ini bisa membantu bagi yang sedang mencari Aplikasi Rapor K13 untuk jenjang SMA.

Share:

Cara Mengisinkan Konten Macro di Excel

Yang paling sering kita jumpai pada saat menggunakan aplikasi ms excel dan ms acces yang menggunakan macro, selalu saja muncul notifikasi warning untuk membuka dan untuk melanjutkannya harus mengklik Enable Content seperti gambar berikut:


Lebih menyakitkan lagi, kalau aplikasi yang kita gunakan adalah komersial! pas mau dijalankan malah tidak muncul notifikasi warningnya, dan tentunya kontennya juga tidak bisa dienable. Terus curiganya, aplikasinya yang mungkin tidak benar atau program excelnya yang mungkin corrupt.

Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah, yaitu dengan settingan mengisinkan konten macro. Berikut panduannya :

1. Jalankan program ms exsel, kemudian klik menu File - Options - Trust Center - Trust Center Settings ... - Macro Settings - Pilih "Enable all macros (not recomended; potentially dangerous code can run)"


2. Klik Ok

Dalam artikel ini menggunakan ms office 2016, sementara yang masih menggunakan versi di bawahnya bisa menyesuaikan. Setelah kedua langkah di atas anda lakukan, selanjutnya coba kembali jalankan aplikasi excel nya, notifikasi warningnya sudah tidak muncul lagi, dan aplikasinya langsung siap digunakan.

Namun, perlu diingat kalau cara seperti ini tidak direkomendasikan, karena sewaktu-waktu membuka aplikasi yang anda tidak ketahui asal-usulnya bisa mengakibatkan kode yang berbahaya di dalamnya langsung running.

Jika anda tetap menggunakan aturan ini, maka yang perlu anda lakukan harus selektif membuka dokumen excel. Anda harus tau asal usulnya darimana aplikasi excel yang sedang anda gunakan.

Sekian dari saya, semoga artikel ini dapat membantu anda !!!

Wassalam ...

Share:

Cara Registrasi Siswa di LTMPT Hingga Terverifikasi

Beberapa Seleksi Masuk Perguruan Tinggi seperti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), di tahun 2020 ini proses pendaftarannya harus melalui portal LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

Bagi sekolah dan siswa yang ingin mengikuti SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN sangat wajib melakukan registrasi di laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan Kebijakan ini merupakan aturan baru yang telah dikeluarkan LTMPT untuk siswa yang ingin mengikuti SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN pada tahun 2020.

Aturan tersebut juga berlaku bagi siswa lulusan tahun 2018 dan 2019 yang nantinya ingin mendaftarkan diri mengikuti SBMPTN.

Berikut ini adalah tahapan pendaftaran untuk registrasi akun LTMPT 2020 hingga status terverifikasi:

1. Kunjungi alamat https:// portal. ltmpt. ac. id / reg (tanpa spasi), jika anda adalah seorang siswa, maka selanjutnya anda harus mengklik tombol Daftar di bawah avatar atau ikon siswa.


2. Masukkan NISN yang aktif terdata di dapodik sekolah, NPSN dan Tanggal Lahir (untuk kesesuaian NISN dan Tanggal Lahir silahkan hubungi Operator Sekolahnya). Lalu klik tombol Selanjutnya.



3. Ini adalah contoh data yang ditampilkan jika NISN dan Tanggal Lahir yang diinput sesuai isiannya dengan dapodik. Jika dirasa datanya sudah benar, selanjutnya input email dan password baru (ingat, ini bukan password email), kemudian klik Daftar.


4. Registrasi anda sekarang berhasil, selanjutnya buka email yang didaftarkan di LTMPT!



5. Cari kiriman email LTMPT di email masuk anda, buka emailnya lalu klik Aktivasi Akun.



6. Setelah aktivasi, selanjutnya klik Login, masukkan email dan password dan klik Masuk. Setelah tampil laman seperti gambar berikut, selanjutnya klik gambar ceklis (Verval | Verifikasi Data Sekolah atau Siswa).



7. Sesuaikan biodatanya, dan klik Selanjutnya.



8. Laman ini menampilkan status keaktifan anda sebagai siswa di sekolah bersangkutan. Klik lagi Selanjutnya.


9. Di laman ini, anda diminta untuk mengupload pas photo anda. Siapkan photonya sesuai kriteria ketentuan. Setelah melakukan upload (unggah) photo, klik lagi Selanjutnya.


10. Di laman ini ada 2 form photo, form photo bagian kiri adalah untuk menyesuaikan letak kepala, dan jika sudah sesuai selanjutnya klik crop dan gambar photonya terupdate di form photo sebelah kanan. Selanjutnya klik Simpan di bagian bawah form photo sebelah kanan. Kemudian jika sudah, klik lagi Selanjutnya.


11. Nah inilah tampilan akhir biodata anda bersama dengan pas photo anda.


12. Selanjutnya lakukan scroll down ke bawah, dan ceklis pernyataannya kemudian selesaikan dengan Simpan Permanen.


13. Sekarang pendaftaran anda sudah disimpan permanen, itu artinya pendaftaran anda di LTMPT sudah terverifikasi.


Setelah melakukan pendaftaran di LTMPT, itu artinya anda sudah bisa mengikuti jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi seperti SNMPTN, UTBK atau SBMPTN.

Sekian dari saya, semoga artikel ini dapat membantu siswa/siswi yang ingin Masuk Perguruan Tinggi melalui jalur SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN.

Share:

Soal UKG 2015 TIK

Kumpulan Soal UKG 2015 - Ada baiknya anda melihat dokumen dan materinya terlebih dahulu sebelum mendownload. Jika anda ingin melihat dokumennya langsung saja diklik link View, maka dokumennya pun akan ditampilkan, dan jika dokumen soal ini yang anda butuhkan, anda bisa mengunduhnya dengan mengklik link Download.

Apabila anda telah selesai melihat dan mengunduh dokumennya, anda juga bisa melihat atau melompat ke dokumen soal berikutnya.


Download Kumpulan Soal UKG 2015 SMA
  1. PKn
  2. Bhs Indonesia
  3. Bhs Inggris
  4. Bhs Jerman
  5. Bhs Mandarin
  6. Bhs Prancis
  7. Matematika
  8. Biologi
  9. Fisika
  10. Kimia
  11. Geografi
  12. Ekonomi
  13. Sosiologi
  14. Sejarah
  15. Antropologi
  16. PJOK
  17. TIK
  18. BK
Ini adalah kumpulan koleksi admin, semoga bisa membantu bagi yang memerlukan.

Berbagi itu indah, dan mari kita mengindahkannya


X
Share:

Info Pendidikan

Lihat lebih banyak lagi !!! »

Guru

Lihat lebih banyak lagi !!! »
X
FORMULIR KONTAK

X
small rss nasrul Al Quran Digital
Dengarkan bacaannya !!!


Klik Play/Pause jika ingin memainkan atau memberhentikan audio
Widget by Nasrul Alimuddin
Klik di sini untuk mendengarkan bacaan lainnya !!!
Recent Comments Widget

Disqus Comment

Dokumentasi

 
Contact Kembali ke atas