Inilah Bintang Raksasa Jingga Pollux dengan Massa Lebih Besar Daripada Matahari


Posted By: Nasrul Alimuddin - 7/28/2015
Sistim Planet

Sistem planet di Pollux diumumkan pada tanggal 16 Juni 2006, setelah dikonfirmasikanya planet Pollux b atau 'Polydeuces'. Karena Pollux dianggap memiliki massa lebih besar daripada Matahari, Pollux b diperkirakan memiliki massa 2.3 kali Jupiter. Planet yang mengorbit Pollux berada pada jarak 1.64 AU dengan periode orbit 590 hari. Pollux b juga dikonfirmasi sebagai salah satu planet yang mengorbit bintang, yang dapat dilihat oleh mata telanjang. Nama planet dari bintang ini, "Polydeuces" berasal dari nama lain Pollux.

Citra bintang Pollux
Pollux, juga disebut sebagai Beta Geminorum (β Gem / β Geminorum), adalah bintang raksasa jingga (orange giant) yang berada pada jarak 33,78 tahun cahaya (10,36 parsec) dari Bumi dan terletak di rasi Gemini. Pollux termasuk bintang tercerah di langit malam, juga tercerah di rasi, jika dibandingkan dengan "kembarannya" (α Gem atau Castor).Bintang ini memiliki magnitudo 1,1 Pada tahun 2006, Pollux dikonfirmasi memiliki planet.

Perbandingan ukuran Matahari, Sirius, Pollux dan Arcturus

Komponen Pollux

Bintang ini lebih besar dari Matahari dengan massa 2 kali lebih masif dari Matahari dan memiliki radius 8,8 kali jari-jari Matahari.Pollux dulu masuk dalam bintang jenis deret utama tipe A,namun Pollux telah menghabiskan hidrogen di intinya dan sekarang berevolusi menjadi bintang raksasa dengan klasifikasi K0 III.Suhu bintang ini berkisar 4.666 kelvin,yang menempatkannya dalam kisaran yang menghasilkan warna jingga, karakteristik bintang K-type.Pollux memiliki kecerahan 43 kali lebih cerah dari Matahari dan diperkirakan lebih tua daripada Matahari.

Penamaan

Nama Pollux merujuk kepada legenda si kembar Castor dan Pollux, anak dari Leda. Bangsa Arab menamakan bintang ini Al-Ras al-Tau'am al-Mu'akhar,(الرأس التؤام المؤخر), yang berarti, 'Kepala si Kembar Kedua.' Menurut sejarah, bangsa China mengenal Pollux sebagai Yang, sebuah prinsip kuno mengenai ketergantungan pada alam semesta.  

Letak Pollux di konstelasi Gemini

Castor dan Pollux adalah bintang 'si kembar di langit' yang membuat Gemini menjadi nama rasi tempat mereka berada (Gemini adalah bahasa Latin untuk 'si kembar'). Namun fisiknya sama sekali tidak mirip. Castor merupakan sistem bintang enam yang terdiri dari bintang biru keputihan tipe A yang panas (bluish-white A-type) dan bintang katai merah, sedangkan Pollux merupakan bintang yang berdiri sendiri, bintang raksasa jingga (yellow-orange giant).