Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Juklak BK di SMA



Pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran sebagai bagian integral dari kurikulum sekolah/madrasah. Kegiatan pengembangan diri ini dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, kegiatan belajar, dan pengembangan karir peserta didik, serta kegiatan ekstra kurikuler. Untuk satuan pendidikan kejuruan, kegiatan pengembangan diri, khususnya pelayanan konseling ditujukan untuk pengembangan kreativitas dan karir. Untuk satuan pendidikan khusus, pelayanan konseling menekankan peningkatan kecakapan hidup sesuai dengan kebutuhan khusus peserta didik.

Kegiatan pengembangan diri difasilitasi/dilaksanakan oleh konselor, dan kegiatan ekstra kurikuler dapat diselenggarakan oleh konselor, guru dan atau tenaga kependidikan lain sesuai dengan kemampuan dan kewenangannya. Pengembangan diri yang dilakukan dalam bentuk kegiatan pelayanan konseling dan kegiatan ekstra kurikuler dapat megembangkan kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.

Adapun pelaksanaan kegiatan  pengembangan diri dapat dilakukan sebagai berikut.
  1. Rutin, yaitu kegiatan yang dilakukan terjadwal, seperti: upacara bendera, senam, ibadah khusus keagamaan bersama, pemeliharaan kebersihan dan kesehatan diri.
  2. Spontan, adalah kegiatan tidak terjadwal dalam kejadian khusus seperti: pembentukan perilaku memberi salam, membuang sampah pada tempatnya, antri, mengatasi silang pendapat (pertengkaran).
  3. Keteladanan, adalah kegiatan dalam bentuk perilaku sehari-hari seperti: berpakaian rapi, berbahasa yang baik, rajin membaca, memuji kebaikan dan atau keberhasilan orang lain, datang tepat waktu.
  4. Terprogram, adalah kegiatan  yang dirancang secara khusus dalam kurun waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan peserta didik secara individual,  kelompok, dan klasikal melalui penyelenggaraan layanan dan kegiatan pendukung konseling, krida, karya ilmiah, latihan/lomba keberbakatan/prestasi, seminar, workshop, bazar, dan kegiatan lapangan. 
  5. Pengkondisian, adalah pengadaan sarana yang mendorong terbentuknya perilaku terpuji. 
Untuk lebih lanjutnya, silahkan saja unduh Petunjuk dan Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling (Juklak BK) di SMA!



Share:

Masuknya Islam Ke Indonesia Saat Rasulullah Saw. Masih Hidup

Islam di Nusantara kita ini sebenarnya bukan berasal dari para pedagang India (Gujarat) atau yang dikenal sebagai Teori Gujarat yang berasal dari Snouck Hurgronje, karena para pedagang yang datang dari India, mereka ini sebenarnya berasal dari Jazirah Arab, lalu dalam perjalanan melayari lautan menuju Sumatera (Kutaraja atau Banda Aceh sekarang ini) mereka singgah dulu di India yang daratannya merupakan sebuah tanjung besar (Tanjung Comorin) yang menjorok ke tengah Samudera Hindia dan nyaris tepat berada di tengah antara Jazirah Arab dengan Sumatera. Berikut adalah cuplikan kita dari Swara Muslim:


BACA | DOWNLOAD


 
Share:

Color Code

Anda bisa menggunakan bantuan kode warna ini untuk mengubah warna template, thema, tulisan dan latar belakang fotho anda di Photoshop dan tentunya dapat digunakan di blog anda juga!!! 



Share:

Model Pembelajaran Example Non Example


Model Pembelajaran Example Non Example merupakan model pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran, model pembelajaran ini juga biasa disebut example and non-example. Metode Example non Example adalah metode pembelajaran yang menggunakan media gambar dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan tujuan agar siswa lebih terdorong untuk belajar berfikir kritis melalui jalan memecahkan permasalahan-permasalahan yang dituang dalam contoh-contoh gambar yang diberikan. 
 
Media gambar ini sengaja disusun dan dirancang agar anak atau peserta didik mendapatkan deskripsi singkat untuk dianalisa hingga mereka mampu bagaimana menjelaskan gambar yang disajikan itu. Jelasnya, penggunaan Model Pembelajaran ini akan lebih menekankan pada konteks analisis siswa, sangat baik diterapkan di kelas tinggi, namun dapat juga diterapkan di kelas rendah dengan menenkankan aspek psikoligis dan tingkat perkembangan siswa kelas rendah seperti :
  1. kemampuan berbahasa tulis dan lisan,  
  2. kemampuan analisis ringan, dan 
  3. kemampuan berinteraksi dengan siswa lainnya 
Model Pembelajaran ini dapat diproyeksikan melalui OHP, Proyektor, ataupun yang paling sederhana adalah poster, dan kualitas gambar yang kita sajikan haruslah jelas dan kelihatan dari jarak jauh, sehingga anak yang tempat duduknya jauh di belakang juga dapat melihat dengan jelas.

Untuk mendapatkan lebih lanjut tentang model pembelajatan ini, silahkan saja unduh Model Pembelajaran Example Non Example melalui link unduh yang telah disediakan !!!

Link Download
Model Pembelajaran Example Non Example - Format PDF

[DOWNLOAD 175KB]

 
Share:

Download Contoh Deskripsi Diri Guru Pelengkap RPL



Pelaksanaan sertifikasi guru PPGJ pada tahun 2015 ini semua peserta diwajibkan mengumpulkan dokumen deskripsi diri. Deskripsi Diri Guru merupakan pelengkap RPL berupa dokumen yang harus disertakan oleh guru yang ingin mengikuti PPGJ. 

Dalam Deskripsi Diri Guru yang perlu dipahami adalah komponen apa saja yang perlu dideskripsikan. Sebelumnya itu, berikut dijelaskan apa itu deskripsi diri:
  • Deskripsi diri digunakan sebagai alat bagi guru untuk menjelaskan keunggulan atau kebanggaan pribadi seorang guru atas prestasi dan/atau kontribusi yang telah dilakukan dalam menjalankan karirnya sebagai guru, khususnya terkait dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi guru.
  • Dalam deskripsi diri ini guru diminta menguraikan dengan jelas apa saja yang telah dilakukan yang dapat dianggap sebagai pengalaman bermakna dan/atau kontribusi bagi pelaksanaan tugas pokok dan fungsi guru.
  • Deskripsi diri perlu dilengkapi dengan contoh nyata yang dialami/dilakukan dalam kehidupan profesi sebagai guru. Guru dapat mendeskripsikan perannya sebagai motivator, inspirator, fasilitator, dan menumbuhkan rasa keingintahuan (curiosity).
  • Deskripsi diri mencakup tiga aspek, yaitu: pengembangan kualitas pembelajaran, pengembangan institusi sekolah, dan pengembangan kegiatan kesiswaan.
Adapun komponen-komponen yang wajib masuk dalam deskripsi diri adalah :
Pengembangan kualitas pembelajaran
  • Usaha kreatif
  • Dampak instruksional
  • Kedisiplinan
  • Ketrbukaan terhadap saran dan kritik
Pengembangan institusi sekolah
  • Penyusunan EDS
  • Keterlibatan dalam RKAS
  • Kegiatan ekstra kurikulum
Pengembangan kegiatan kesiswaan
  • Peran guru terhadap kegiatan kesiswaan
  • Interaksi dengan siswa
  • Manfaat kegiatan
Saat membuat deskripsi diri, hal yang wajib diperhatikan adalah jumlah kata minimal 100 kata, dan untuk melihat jumlah kata yang telah ditulis cukup melakukan blok semua kata pada MS Word dan pada bagian bawah kiri halaman word terlihat jumlah kata dengan tulisan "100 OF 2256 WORD", yang artinya ada terdapat 100 kata yang diblok dari jumlah 2256 kata.

Link Download :
Download Contoh Deskripsi Diri Guru Pelengkap RPL




Share:

Cara Cek Keaktifan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK/Guru dan Staf) Pada Suatu Sekolah di Padamu Negeri

Sekedar nambah catatan saja untuk diposting di blog ini, kali ini admin membuat postingan Cara Cek Keaktifan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK/Guru dan Staf) Pada Suatu Sekolah di Padamu Negeri. Sebelum mencek keaktifan PTK Pada Suatu Sekolah di Padamu Negeri sebaiknya kita harus mengetahui dulu level dan warna bintang di Padamu Negeri. Sesuai keterangan gambar di bawah ini menerangkan bahwa:


  1. Level bintang satu warna ungu menunjukkan Data Dasar anda telah disetujui oleh Admin Sekolah
  2. Level bintang dua warna ungu menunjukkan bahwa PTK sudah melakukan Aktivasi di Akun Padamu
  3. Level bintang tiga warna ungu menunjukkan Data Rinci & EDS anda telah disetujui Admin Sekolah
  4. Level Bintang empat warna ungu menunjukkan Pakta Integritas telah disetujui Admin Dinas dan telah menunjukkan keaktifan anda pada Periode Sebelumnya (semester lalu)
  5. Level Bintang empat warna merah menandakan bahwa PTK tersebut sudah tidak Aktif lagi
  6. Level Bintang empat warna kuning menunjukkan Status PTK anda telah Aktif di Periode Sekarang (semester sekarang) namun VerVal sekolah anda belum disetujui oleh Dinas
  7. Level Bintang empat warna hijau menunjukkan Status PTK anda telah Aktif di Periode Sekarang dan VerVal Sekolah anda telah disetujui oleh Dinas 
Nah,,, dengan mengetahui level dan warna bintang anda, kini anda akan sangat mudah mengenali status keaktifan PTK anda di Sekolah anda, dan selanjutnya adalah bagaimana mencek status keaktifan anda di Sekolah anda di Padamu Negeri,,, iseng-iseng juga untuk mengetahui kinerja OPS Sekolah lain yang bertanggungjawab atas keaktifan semua PTK di Sekolah tersebut di Padamu Negeri. berikut adalah langkah-langkahnya:
  1. Silahkan kunjungi http://cari.padamu.siap.web.id/#!/unduh
  2. Masukkan NPSN dan Lokasi Kab/Kota Sekolah anda pada kolom pencarian seperti gambar di bawah ini, misalkan kita ingin mengetahui keaktifan PTK di Sekolah SMP Neg. 1 Sungguminasa. 
  3. Klik tombol 'Cari Data'
  4. Silahkan geser halaman ke bawah, dan lihat status keaktifan semua guru dan staf yang ada di Sekolah tersebut.  
Jika anda belum mengetahui NPSN Sekolah anda, khusus Sekolah yang berlokasi di Kab. Gowa dapat mencek NPSN Sekolahnya melalui link ini >> NPSN Sekolah di Kab. Gowa <<

Dan bagi yang ingin mencari NPSN Sekolahnya melalui wilayah Provinsi dapat dicari di sini >> Cari NPSN Sekolah anda di Sini <<

Demikianlah Postingan saya kali ini, semoga dapat membantu !!!

Share:

Info Pendidikan

Lihat lebih banyak lagi !!! »

Guru

Lihat lebih banyak lagi !!! »
X
FORMULIR KONTAK

X
small rss nasrul Al Quran Digital
Dengarkan bacaannya !!!


Klik Play/Pause jika ingin memainkan atau memberhentikan audio
Widget by Nasrul Alimuddin
Klik di sini untuk mendengarkan bacaan lainnya !!!
Recent Comments Widget

Disqus Comment

Dokumentasi

 
Contact Kembali ke atas