Home » , , » Marilah Memberikan Partisipasi Anda, Jangan Memberikan Uang Kepada Anak Jalanan!!!

Marilah Memberikan Partisipasi Anda, Jangan Memberikan Uang Kepada Anak Jalanan!!!

Written By Nasrul Alimuddin on Tuesday, June 9, 2015 | 5:05 AM


Semboyan kita kali ini adalah "...Janganlah memberikan uang kepada anak di jalanan, karena itu hanya akan membuatnya betah di jalanan...", pernyataan ini saya ambil dari kesimpulan hasil diskusi dengan teman saya anak Bastra dari UNISMUH Makassar.

Coba kita perhatikan di sepanjang jalan Makassar, anak-anak jalanan biasanya berkisar umur 5-20 tahun. Usia yang masih belia seperti itu tentunya masih membutuhkan pengarahan jika melihat dari sisi psikologi anak. Di usia tersebut pola pikir seorang anak mulai tumbuh dan berkembang. Kebiasaan dan pembiasaan yang salah akan berpengaruh sangat buruk bagi perkembangan pola pikir seorang anak.

Mengembangkan pola pikir anak yang salah hanya akan menyebabkan mereka semakin terbelakang dan pastinya akan muncul anggapan si anak bahwa "... dengan meminta-minta saja gue sudah bisa mendapatkan uang, jadi untuk apa gue belajar dan sekolah?...", karenanya janganlah anda menjadi bagian dari perusak generasi bangsa!!!

Selain itu, semakin minimnya dan diharapkan tidak ada sama sekali yang memberikan uang di jalanan akan menambah kurangnya bentuk kezaliman yang dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggungjawab dengan memanfaatkan anak-anak sebagai sumber kehidupan mereka. Lambat laun akan menyadari dan putus harapan kepada si anak sehingga mereka tidak ada lagi keinginan untuk memperalat si anak, disebabkan masyarakat sudah mulai menyadari aroma-aroma kesesatan mereka yang selalu memanfaatkan anak untuk meminta-minta di jalanan. Si anak juga akan jadi aman dari pelaku-pelaku penculikan dan kezaliman dari kelompok-kelompok yang tidak bertanggungjawab untuk dijadikan sebagai sumber penghidupan mereka.

Sisi baik bagi si anak jika dia benar-benar merasa kurang mendapatkan perhatian masyarakat di jalanan adalah membuat pola pikir anak semakin melihat dunia dengan mata terbuka bahwa diperlukannya kerja keras untuk mendapatkan uang, dengan begitu sangat mempengaruhi pola pikir anak untuk menemukan solusi dari jalan hidupnya sendiri agar tidak terbelakang dan tidak digilas oleh roda zaman. Perlahan-lahan mereka akan sadar bahwa betapa pentingnya untuk bersekolah dan belajar, karena hanya melalui itulah mereka bisa mendapatkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih layak di samping beriringan dengan bertambahnya pengalaman mereka di lapangan.

Jika anda peduli kepada anak yatim, sebaiknya datangi tempat asuhan mereka, dan itu lebih meyakinkan anda bahwa merekalah yang perlu mendapatkan bantuan, bukan seperti anak-anak jalanan yang tidak diketahui identitasnya.

Marilah kita semua berpartisipasi untuk tidak lagi memberikan uang kepada anak-anak di jalanan dan janganlah merenggut nasib mereka walaupun maksud anda baik!!!




Share this article :

Published By : Nasrul Alimuddin ~ SIP from PTK

Terimakasih telah membaca Marilah Memberikan Partisipasi Anda, Jangan Memberikan Uang Kepada Anak Jalanan!!!...!!! Artikel ini dipublikasikan oleh Nasrul Alimuddin pada hari Tuesday, June 9, 2015. Jika ingin menyebarluaskan artikel ini, anda dapat mengklik tombol berbagi atau tombol 'Share' yang terletak di setiap bawah postingan. Adapun kritik dan saran tentang Marilah Memberikan Partisipasi Anda, Jangan Memberikan Uang Kepada Anak Jalanan!!! dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Salam Admin ::

Komentar Sahabat
0 Komentar Sahabat